• 14 Agustus 2017 : Peringatan Hari Pramuka ke 56
  • 17 Agustus 2017 : Peringatan HUT RI ke 72

Block Grant Rehabilitasi Ruang SMP Tahun 2010

SMPN 4 Semin telah selesai melaksanakan kegiatan rehabilitasi ruang kelas dan laporan pelaksanaan kegiatan telah disampaikan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga Kabupaten Gunungkidul pada tanggal 15 Desember 2010. Kegiatan rehabilitasi ini didanai dari bantuan Block Grant Rehabilitasi Ruang SMP Tahun 2010.

Usulan bantuan dana untuk rehabilitasi ruang sekolah tahun 2010 SMPN 4 Semin, sebagai mana tertuang dalam proposal pengajuan kegiatan adalah Rehabilitasi Ruang Kelas, Ruang Serbaguna, dan Tempat Upacara dengan volume 5 ruang/unit dan biaya sebesar Rp. 174.964.000,00. Dari usulan tersebut setelah dilakukan verifikasi, SMPN 4 Semin memperoleh alokasi dana block grant rehabilitasi ruang kelas dengan volume dua ruang dan biaya sebesar Rp 40.000.000,00.

Pelaksanaan Rehabilitasi Ruang Kelas dilaksanakan secara swakelola oleh Panitia Rehabilitasi Sekolah dengan melibatkan peran masyarakat di sekitar sekolah. Untuk mewujudkan transparasi kepada masyarakat PRS mengadakan sosialisasi tentang kegiatan rehabilitasi ruang kelas dalam rapat komite sekolah. Disamping itu membuat papan informasi yang berisi tentang rincian kegiatan yang dilaksanakan, antara lain gambar pekerjaan, rencanan anggaran biaya, panitia pelaksana dan petunjuk teknis tentang penggunaan dana yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan. PRS juga memasang papan nama kegiatan yang memuat informasi nama kegiatan, pelaksana kegiatan, tanggal mulai, rencana selesai, jumlah dana, dan sumber dana. Rapat koordinasi panitia juga dilaksanakan beberapa kali untuk membahas berbagai hal seperti perkembangan pekerjaan, pendanaan, pengembangan pekerjaan, dan evaluasi masalah dan solusi untuk rencana kegiatan berikutnya.

Kegiatan Rehabilitasi Ruang Kelas SMP ini dimulai dengan persiapan lokasi yang akan direhabilitasi yaitu dua ruang kelas. Ruang kelas yang direhab adalah ruang kelas yang aktif digunakan dalam pembelajaran sehingga untuk pelaksanaan rehabilitasi ruang kelas tersebut tidak dapat difungsikan. Untuk proses kegiatan belajar mengajar kelas yang ruangnya sedang diperbaiki, PRS berinisiatif untuk meminjam ruang kelas SD Negeri Sedono yang letaknya bersebelahan dengan SMPN 4 Semin. Kegiatan dilanjutkan dengan pembongkaran konsul dan pemasangan tiang pengganti konsul, bersamaan dengan itu didalam ruang kelas dilaksanakan pemasangan plafon dan kemudian pemasangan lantai keramik. Kegiatan berikutnya pekerjaan pengecatan dan pemasangan instalasi listrik. Dalam realisasi PRS dapat mengembangkan pekerjaan untuk pemasangan tralis jendela ruang kantor dan pemasangan pondasi dan pelur lantai selasar samping kelas. Pengembangan ini didasarkan pada pertimbangan skala prioritas dan menyesuaikan dana yang tersedia. Pemasangan tralis menjadi prioritas karena faktor keamanan sangat penting sebagai langkah antisipasi dan pencegahan tindak kejahatan/pencurian di lingkungan sekolah, sebagaimana himbauan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul yang tertuang dalam surat edaran Nomor : 017/1862 tanggal 5 Agustus 2010 perihal peningkatan keamanan. Pemasangan pondasi dan pelur selasar samping kelas diprioritaskan untuk memperkuat pondasi gedung ruang kelas yang berdiri di tanah yang berteras-teras, juga untuk perluasan akses ruang guna pembelajaran luar kelas dan selanjutnya bisa dikembangkan untuk ruang-ruang lain karena selasar samping kelas ini cukup lebar.

Pengelolaan dana rehabilitasi ruang sekolah dilaksanakan dengan penyusunan pembukuan keuangan, pengelompokan jenis pengeluaran, pengisian buku kas umum, buku bank serta buku pembantu kas tunai, pembuatan laporan keuangan dan pengarsipan dokumen keuangan. Dana block grant yang disalurkan dalam kegiatan rehabilitasi ruang kelas ini adalah Rp 40.000.000,00. Dana tersebut dipergunakan untuk membiayai seluruh kegiatan rehabilitasi yang mencakup : pembongkaran konsul dan pemasangan tiang pengganti konsul, pemasangan plafon, pemasangan keramik, pemasangan instalasi listrik dan juga untuk membiayai pengembangan kegiatan yaitu pemasangan tralis, dan pondasi serta pelur selasar samping kelas.

Ruang kelas sebelum direhab
Konsul sebelum direhab : retak/patah
Pembongkaran konsul
Pemasangan tiang pengganti konsul
Selasar belakang dan samping kelas, serta pemasangan plafon
Papan nama kegiatan
Pemasangan keramik dan plafon yang sudah terpasang

Ruang kelas sudah direhab dan pelur selasar samping kelas
Kegiatan rehabilitasi ruang kelas selesai

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Block Grant Rehabilitasi Ruang SMP Tahun 2010"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda yang santun sebagai tanda mata persinggahan Anda, terimakasih