• 14 Agustus 2017 : Peringatan Hari Pramuka ke 56
  • 17 Agustus 2017 : Peringatan HUT RI ke 72

Ujian Blok Akhir Semester Genap 2008/2009 dan Sistem Lembar Jawab Komputer

Hari ini Kamis, tanggal 11 Juni 2009, dimulai Ujian Blok Akhir Semester Genap tahun ajaran 2008/2009.
Acara akhir semester ini akan diselenggarakan dari tanggal 11 sampai dengan 17 Juni 2009, dengan jadwal pelajaran yang diujikan adalah :
Kamis, 11 Juni 2009 : Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama
Jum'at, 12 Juni 2009 : Bahasa Inggris dan PKn
Sabtu, 13 Juni 2009 : Matematika dan Bahasa Jawa
Senin, 15 Juni 2009 : IPA dan Seni Budaya
Selasa, 16 Juni 2009 : IPS dan Penjasorkes
Rabu, 17 juni 2009 : TIK

Penyelenggaraan ujian pada hari pertama ini Alhamdulillah lancar dan tidak ada kendala yang berarti, memang ada beberapa siswa yang masih belum benar dalam menuliskan nomer ujian di lembar jawab komputer, tapi hal itu dapat diselesaikan dengan baik oleh pengawas ruangan. Untuk mata pelajaran pada jam pertama hari pertama ini sebagian besar siswa di tiga ruangan dapat menyelesaikan soal ujian Bahasa Indonesia sesuai waktu yang ditentukan yaitu 120 menit, ketika bel tanda waktu mengerjakan telah habis dibunyikan, para peserta ujian segera meninggalkan ruangan untuk beristirahat.

Masih adanya siswa yang belum benar dalam menuliskan data di lembar komputer menjadi pelajaran bagi panitia, untuk penyelenggaraan dimasa yang akan datang lebih mengoptimalkan pemberian informasi kepada para siswa tentang masalah ini, karena hal ini merupakan hal yang penting dan bermanfaat bagi kelancaran siswa sampai nanti mereka dijenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Penggunaan sistem lembar jawab komputer dalam penyelenggaraan ujian merupakan hal yang sudah lazim di dunia pendidikan di berbagai jenjang, terutama pada penyelenggaraan Ujian Nasional yang setiap tahun menjadi agenda yang masih menimbulkan pro dan kontra. Banyak keunggulan dari sistem ini dimana jawaban dapat dikoreksi secara lebih cepat dan tepat menggunakan komputer, sehingga hasilnya lebih dapat dipercaya ( dengan tidak dicampuri oleh kepentingan tertentu atau karena unsur subyektifitas ). Namun sistem ini juga masih memberikan beban yang lebih kepada siswa untuk bertangungjawab kepada pengisian data pribadi disamping jawaban soal ujian itu sendiri, sehingga ketika terjadi kesalahan pengisian data pribadi meskipun jawaban soal yang diujikan banyak yang benar ada kemungkinan siswa tidak lulus. Idealnya ujian diselenggarakan untuk menguji mata pelajaran / mata ujian tertentu dan bukan untuk menguji kemampuan siswa dalam mengisi data, sehingga siswa benar-benar dapat fokus dalam mengerjakan soal yang diujikan dan bukan hal yang lainnya. Sistem yang canggih, cepat, dan tepat sekaligus lebih ramah dan manusiawi akan menjadi dambaan banyak pihak, sehinga penyelenggaran ujian dalam berbagai jenjang dapat memfasilitasi segala keterbatasan peserta dan dapat berfokus pada hal yang diujikan.

Sebuah sistem yang lebih valid dan adil, kapan ya terwujud?

di posting oleh guss

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ujian Blok Akhir Semester Genap 2008/2009 dan Sistem Lembar Jawab Komputer"

  1. Jangan pernah berputus asa karena itu tandanya kalah, siklus hidup akan membuat kita tetap tengadah,
    jangan pernah menjadi lengah, karena lengah dekat menyerah,
    Jangan pernah.....

    BalasHapus

Tinggalkan komentar Anda yang santun sebagai tanda mata persinggahan Anda, terimakasih