}

P5 Tahap 3 Kewirausahaan Tahun 2023

P5 Tahap 3 Kewirausahaan Tahun 2023

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahap 3 Tahun 2023 (semester 2 tahun pelajaran 2022-2023) bertema Kewirausahaan dilaksanakan untuk kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Tahapan pelaksanaan proyek Kewirausahaan yaitu :
1. Pengarahan narasumber
2. Perencanaan proyek
3. Persiapan proyek
4. Pelaksanaan proyek
5. Evaluasi kegiatan

Pada tahap pengarahan, peserta didik secara klasikal diberi pengarahan tentang pengetahuan-pengetahuan dasar kewirausahaan. Pengarahan ini dilakukan pada hari pertama dengan alokasi waktu 9 JP. Peserta didik dibagi menjadi sembilan kelompok untuk melaksanakan proyek. 

Pada tahap perencanaan, peserta didik secara berkelompok menyusun rencana mengenai proyek dengan fasilitator guru pembimbing masing-masing.Perencanaan ini di antaranya yaitu merencanakan pertanyaan yang akan ditanyakan saat kunjungan ke tempat usaha dan merencanakan jenis produk yang dikembangkan, cara mengemas produk, dan perencanaan biaya. 

Pada tahap persiapan, peserta didik mulai mendesain produk yang akan dihasilkan, melakukan ekperimen dari produk yang akan dijual dalam market day, membuat label dan promosi dari produk yang dijual 

Pada tahap pelaksanaan market day peserta didik melakukan pemasaran produk di teras SMP Negeri 4 Semin dengan disaksikan oleh seluruh stakeholder dan semua siswa SMP Negeri 4 Semin.

Di akhir acara peserta didik diminta untuk refleksi diri tentang kegiatan market day yang mereka jalani,di antaranya bagaimana perasaaan mereka, apa saja kesulitan yang mereka hadapi, apa kebaikan-kebaikan yang telah mereka lakukan, menghitung jumlah pengeluaran dan pemasukan dalam acara market day, serta harapan ke depannya. 

Profil pelajar Pancasila yang diharapkan terwujud pada kegiatan ini adalah sikap mandiri, kreatif dan beriman pada Tuhan Yang Maha Esa. Pada aspek mandiri, peserta didik diharapkan bisa membuat perencanaan secara mandiri dalam kelompok, mandiri dalam melakukan persiapan produk yang dihasilkan dan mandiri dalam pemasaran produk. Pada aspek kreatif, peserta didik diberikan keleluasaan untuk mendesain pamlet promosi yang nantinya akan dijadikan daya tarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Pada aspek beriman pada Tuhan Yang Maha Esa diharapkan peserta didik mampu mengerti tentang halal haram dalam berwirausaha dan mampu menghargai perbedaan dalam menjalankan suatu usaha.

Kegiatan P5 ini dilaksanakan dengan sistem blok, selama 3 minggu mulai 13 - 28 Februari  2023

Foto-Foto Kegiatan


Tahap 3 oleh Agus Sutikno

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "P5 Tahap 3 Kewirausahaan Tahun 2023"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda yang santun sebagai tanda mata persinggahan Anda, terimakasih