}

Aksi Nyata : Mengapa Kurikulum Harus Berubah?

Oleh : Agus Sutikno


Apa itu kurikulum?

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan yang mencakup tujuan, isi, bahan pelajaran, dan cara penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Fungsi utamanya adalah untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Istilah kurikulum berasal dari bahasa Latin, di mana curir berarti pelari dan curere berarti tempat berpacu. Dengan demikian, kurikulum diartikan sebagai trek dan lajur yang diikuti untuk mencapai tujuan.

Di Indonesia, kurikulum pendidikan telah mengalami beberapa perubahan seiring waktu. Mulai dari kurikulum 1947, kurikulum 1994, kurikulum 2006, kurikulum 2013, hingga Kurikulum Merdeka yang digunakan saat ini.

Mengapa kurikulum harus berubah?

Kurikulum merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia pendidikan yang selalu dikembangkan. Mengapa kurikulum perlu diubah? Berikut adalah beberapa alasan yang mendasari perubahan kurikulum:

  • Perkembangan Zaman: Dunia terus berubah, dan kurikulum harus mengikuti perubahan ini. Dengan memperbarui kurikulum, kita memastikan pembelajaran tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat masa kini. Misalnya, pada era digital seperti sekarang, kurikulum harus mencakup pembelajaran mengenai teknologi yang ada agar peserta didik bisa menguasai teknologi yang digunakan saat ini.
  • Kebutuhan Murid: Kurikulum yang statis dan tidak berubah akan menjadi ketinggalan zaman dan tidak sesuai dengan kebutuhan murid. Oleh karena itu, perubahan pada kurikulum memastikan pembelajaran tetap relevan dengan  kebutuhan murid
  • Persiapan Masa Depan: Perubahan kurikulum membantu guru menggali potensi peserta didik agar mereka siap menghadapi masa depan. Kurikulum yang diperbarui juga diharapkan membantu mempersiapkan generasi yang mandiri, visioner, dan berguna bagi bangsa dan negara

Bagaimana kurikulum yang baik?

Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai dengan zamannya, kurikulum yang dinamis dan terus dikembangkan atau diadaptasi  sesuai konteks dan karakteristik murid demi membangun kompetensi sesuai kebutuhan murid, kini dan masa depan. Kurikulum juga semestinya harus menempatkan kebutuhan, pendapat, pengalaman hasil belajar, serta kepentingan murid sebagai rujukan utama. Kurikulum dirancang agar murid dapat mewujudkan seluruh kompetensi yang diharapkan.

Bagaimana dengan Kurikulum Merdeka?

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memiliki pembelajaran intrakurikuler yang beragam sesuai dengan kondisi murid agar murid lebih mudah memahami konsep dan menguatkan kompetensi. Selain itu, guru juga leluasa untuk memilih perangkat ajar yang sesuai dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. 


-------------------------------------------------------------

Setelah membaca pemaparan diatas, mohon berkenan memberi umpan balik di formulir berikut, terimakasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aksi Nyata : Mengapa Kurikulum Harus Berubah? "

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda yang santun sebagai tanda mata persinggahan Anda, terimakasih