• 14 Agustus 2017 : Peringatan Hari Pramuka ke 56
  • 17 Agustus 2017 : Peringatan HUT RI ke 72

Kemah Wira Buana IV Pantai Sundak 10 - 12 April 2017

Kemah Bakti Penggalang Wira Buana IV digelar tanggal 10 s.d. 12 April 2017 di pantai Sundak, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Kegiatan diikuti oleh seluruh anggota pramuka kelas 8, berjumlah 54 siswa terbagi dalam 6 regu, 3 regu putra dan 3 regu putri.

Kegiatan perkemahan terdiri dari : Pendirian tenda, Upacara pembukaan, Pengenalan lingkungan, Sholat berjamaah, Olahraga, Jelajah bukit, Cerdas cermat pramuka, Lomba Menyanyi, Lomba Memasak, Jelajah malam, Jelajah pantai, Outbound 1 dan Outbound 2, Upacara api unggun, bedol desa, dan upacara penutupan.


Kegiatan 3 hari 2 malam tersebut berlangsung lancar, tanpa kendala yang berarti. Cuaca yang sangat mendukung membuat semua kegiatan dapat berlangsung dengan baik. 


Kegiatan Jelajah Bukit yang dilaksanakan selepas sholat Asar berjamaah, menyusuri bukit disebelah utara pantai Sundak, dibagian bukit tersebut ada lokasi yang sering digunakan untuk pemusnahan bahan peledak oleh militer. Acara Jelajah Bukit berakhir dengan melintasi pantai Pulang Sawal dan kembali ke perkampungan Wira Buana IV melalui bibir pantai Sundak.


Kegiatan Jelajah Malam berlangsung melalui 5 pos : pos 1 origami, pos 2 dragbar, pos 3 P3K, pos 4 puzzle, pos 5 jurit malam.


Kegiatan Cerdas Cermat Pramuka menguji kemampuan regu dalam pengetahuan pramuka, mulai dari Sejarah pramuka, kode kehormatan pramuka, kode morse, semaphore, tali-temali, sampai menyanyikan lagu mars Pramuka.


Kegiatan Jelajah Pantai menjadi ciri khas perkemahan di lokasi pinggir pantai seperti Pantai Sundak ini, Penjelahan pantai dimulai dari pantai Sundak, pantai Ngandong, pantai Sadranan, pantai Slili dan berujung di patung ikan di puncak bukit Jujugan area pantai Krakal. Dalam penjelajahan ini ada tugas yang harus dikerjakan per regu yaitu membuat laporan penjelajahan berupa peta.


Kegiatan outbound 1 terdiri dari lima pos, pos estafet karet, pos kereta buta, pos kapal titanic, pos save and rescue dan pos help the men.


Kegiatan outbound 2 berlangsung di tepi pantai Sadranan, dengan permainan regu : rantai manusia dan membangun istana pasir.


Kegiatan upacara api unggun dilaksanakan dilanjutkan dengan pentas seni, pentas seni sesi 1 dilaksanakan disekitar api unggun berupa pementasan drama per regu. Pentas seni sesi 2 dilaksanakan di dalam pendopo berupa pementasan aksi seni yang beragam dari masing masing regu, ada baca puisi berantai, menyanyi, dan menari .


Seluruh kegiatan perkemahan diakhiri dengan upacara penutupan. Dalam upacara penutupan juga diumumkan regu terbaik putra dan regu terbaik putri dan masing-masing mendapatkan bingkisan hadiah dari kakak pembina.



Semoga kegiatan ini memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh peserta, sehingga tema kegiatan "Kompak dan disiplin menggeladi diri menjadi generasi mandiri" dapat tercapai.


Berikut beberapa foto kegiatan perkemahan Wira Buana IV, koleksi foto yang lain dapat di lihat di halaman Facebook SMPN 4 Semin.












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemah Wira Buana IV Pantai Sundak 10 - 12 April 2017"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda yang santun sebagai tanda mata persinggahan Anda, terimakasih