• 14 Agustus 2017 : Peringatan Hari Pramuka ke 56
  • 17 Agustus 2017 : Peringatan HUT RI ke 72

Supervisi Terpadu Pengawas SMP Kabupaten Gunungkidul

Hari Kamis tanggal 1 Maret 2012, Pengawas SMP Kabupaten Gunungkidul melaksanakan supervisi terpadu ke SMPN Negeri 4 Semin. Rombongan pengawas terdiri dari,

  1. Drs. H. Suwarto, M.Pd.
  2. Drs. H Sukarmin, M.Pd.
  3. Drs. Sarjana, M.Pd.
  4. Dalhari, M.Pd.
  5. Mujiyati, S.Pd.

Agenda supervisi terpadu ini berupa supervisi administrasi guru dan kunjungan kelas. 
Kedatangan rombongan pengawas sekitar jam 10.35 WIB sampai di  kampus SMPN 4 Semin, tentu saja harus melalui jalan terjal berliku, ciri khas jalur SMPN 4 Semin :) disambut oleh Kepala Sekolah, Bapak Kisworo, S.Pd, bersama guru dan karyawan.  Agenda supervisi terpadu ini berupa supervisi administrasi guru dan kunjungan kelas.  Kegiatan pertama adalah melakukan kunjungan kelas, karena bertepatan dengan jam KBM aktif, yaitu jam  5-6. Guru yang disupervisi proses mengajarnya adalah Bapak Sri Wahyu Prayitno, S,Si (IPA) oleh Ibu Mujiyati, S.Pd, Bapak Ariyadi Priyo Santosa, S.Pd.I. (PAI), oleh Bapak Drs. H Sukarmin, M.Pd., Bapak Agus Sutikno, S.Pd. (IPS), oleh Bapak Drs. Sarjana, M.Pd., Ibu Lestari, S.Pd (Matematika) oleh Bapak Drs. H. Suwarto, M.Pd. dan Ibu Erfira Maya Shinta, S.Pd, (Bahasa Inggris) oleh Bapak Dalhari, M.Pd.

Setelah kunjungan kelas dilanjutkan dengan sharing dua arah antara pengawas-guru terkait dengan proses kegiatan belajar mengajar di kelas maupun administrasi guru. Beberapa hal yang disampaikan terkait dengan kunjungan kelas dan administrasi guru antara lain, efektifitas penggunaan media, pengkondisian tanya jawab dalam diskusi yang analitis, EEK (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi) dalam RPP,  kesesuaian silabus dengan RPP, Rencana Program Penilaian, penghitungan jam efektif terkait dengan ulangan semester,  kaitan indikator penilaian dengan instrumen penilaian dan lain-lain.

Supervisi terpadu oleh pengawas ini memberi manfaat bagi guru dalam rangka peningkatan profesionalisme. Meskipun banyak hal ideal yang belum dapat berjalan baik, tapi proses menuju kesana bisa menjadi investasi yang mestinya harus membuat guru menjadi lebih baik lagi. Semoga :)


















Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Supervisi Terpadu Pengawas SMP Kabupaten Gunungkidul"

  1. Kisworo berkata..
    jangan terlena dengan konform zone, upaya peningkatan sedikit demi sedikit akan mengasah ketrampilan pedagogik, semuanya Insya Allah bermaslahat. Amien.

    BalasHapus
  2. zona tenang yang terkoyak :)

    BalasHapus
  3. terimakasih karena dengan ini semua selesai sudah, yang tertunda bisa terselesaikan dengan baik dan tuntas meski harus bekerja keras memeras keringat

    BalasHapus
  4. saatnya mulai analisis ulangan harian semester 2...

    BalasHapus

Tinggalkan komentar Anda yang santun sebagai tanda mata persinggahan Anda, terimakasih