}

Visi Misi Tujuan

 

SMPN 4 SEMIN

Visi Sekolah

Berbudi, berilmu, berprestasi dan ramah anak serta menjadi kebanggaan masyarakat.

Indikator Visi Sekolah:

  1. Terwujudnya peserta didik yang memiliki budi pekerti luhur dan berakhlak mulia.
  2. Terwujudnya peserta didik yang memiliki pengetahuan yang luas dan memiliki kecakapan abad 21.
  3. Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam prestasi akademik dan non akademik.
  4. Terwujudnya peserta didik yang menghargai kelebihan dan kekurangan orang lain.
  5. Terwujudnya peserta didik yang memiliki profil pelajar Pancasila dan menjadi kebanggaan masyarakat

Misi Sekolah

  1. Membiasakan nilai-nilai karakter mulia dalam perbuatan sehari-hari.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan penguasaan kecakapan abad 21.
  3. Mengembangkan program dan proses pembelajaran yang berorientasi pada prestasi.
  4. Membangun budaya sekolah yang menghargai perbedaan, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki orang lain.
  5. Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila dalam pembiasan rutin sekolah dan budaya sekolah.

Tujuan Sekolah

  1. Terbiasanya nilai-nilai karakter mulia yang tercermin dalam perbuatan harian peserta didik.
  2. Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
  3. Tercapainya peserta didik yang memiliki sikap sopan dan santun baik terhadap sesama peserta didik maupun terhadap guru dan karyawan. 
  4. Terwujudnya proses pembelajaran yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan penguasaan kecakapan abad 21.
  5. Terlaksananya kegiatan belajar mengajar mengembangkan sikap kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif untuk semua mata pelajaran.
  6. Terlaksananya kegiatan belajar mengajar dengan mengintegrasikan literasi dan numerasi untuk seluruh mata pelajaran.
  7. Berkembangnya program dan proses pembelajaran yang berorientasi pada prestasi.
  8. Tersusunnya program sekolah yang mengembangkan kemampuan, minat dan bakat peserta didik.
  9. Terselenggaranya proses pembelajaran yang menumbuhkan semangat untuk berprestasi sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta didik.
  10. Tercapainya peserta didik mengikuti lomba minimal tingkat kecamatan hingga tingkat nasional dan minimal mendapatkan kejuaraan pada tingkat kecamatan.
  11. Terbangunnya budaya sekolah yang menghargai perbedaan, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki orang lain.
  12. Tertanamnya sikap menghargai orang lain baik pada pendidik maupun pada peserta didik.
  13. Terfasilitasinya pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus
  14. Terfasilitasinya pembelajaran dengan mengedepankan persamaan hak.
  15. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila dalam pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah
  16. Terlaksananya Projek profil pelajar Pancasila untuk seluruh peserta didik 3 kali dalam setahun
  17. Terlaksananya pengintegrasian nilai profil pelajar Pancasila dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian untuk semua mata pelajaran.
  18. Terlaksananya pengintegrasian nilai profil pelajar Pancasila dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah.